Sesungguhnya Dia maha mengetahui segala isi hati. Apakah Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui, padahal Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui ? (QS 13:14)

Jumat, 29 April 2011

Fadhilah Hamdalah

amDari segi lafalnya, "Alhamdulillah" merupakan kalam khabariyah. artinya, segala puji bagi alloh itu merupakan berita yang tidak membutuhkan penjelasan lain. sedangkan dari segi maknanya merupakan kalam insyaiyah. artinya suatu pujian terhadap alloh S.W.T dengan baik yang bersifat ikhtiari untuk mengagungkan Alloh S.W.T dan memuliakan -Nya.

Mengenai sabda nabi S.A.W : "ucapan Alhamdulillah bisa memenuhi timbangan amal", Imam Al-Qurtubhi menjelaskan bahwa ucapan alhamdulillah merupakan pujian kepada Alloh dengan sifat-sifat Nya yang sempurna. Maka barang siapa memuji Alloh S.W.T dengan menghadirkan makna Alhamdulillah di dalam hati , timbangan amalnya akan penuh dengan kebaikan. Dalam arti, jika lafal Alhmadulillah itu merupakan benda, maka ia  akan memenuhi timbangan itu.

Diantara hadits yang menjelaskan tentang keutamaan Alhamdulillah adalah :
Dari jabir r.a Rosululloh S.A.W bersabda :
yang artinya , "Alloh S.W.T tidak memberi suatu nikmat kepada seorang hamba, kemudian ia mengucapkan Alhamdulillah, kecuali alloh menilai ia telah mensyukuri nikmat itu. apabila ia mengucapkan Alhamdulillah yang kedua , maka Alloh akan memberinya pahala yang baru lagi. Apabila ia mengucapkan Alhamdulillah untuk yang ketiga kalinya , maka Alloh S.W.T mengampuni dosa-dosanya. " ( HR. Hakim dan Baihaqi)


Dari Ibnu Umar ra. Rosululloh S.A.W bersabda :
yang artinya , "Perbanyaklah kalian membaca Alhamdulillah , karena sesungguhnya bacaan Alhamdulillah itu mempunyai mata dan sayap, yang selalu mendoakan di dalam syurga dan memohonkan ampunan bagi pembacanya dihari kiamat. ( HR.. Dailani)


Dari abu Umamah ra. Rosululloh S.A.W bersabda :
yang artinya , "Alooh S.W.T tidak akan memberi nikmat kepada seorang hamba, kemudian ia memuji kepada-Nya, kecuali pujian itu akan lebih utama daripada nikmat tersebut, meskipun nikmat itu lebih besar. " (HR. Thabrani)

Dari Anas ra. Rosululloh S.A.W bersabda :
artinya , " Andaikan isi dunia ini dikuasai oleh seorang laki-laki dari umatku, kemudian ia mengucapkan Alhamdulillah , maka ucapan Alhamdulillah  lebih utama daripada dunia dan seluruh isinya itu. Di dalam Hadits lain : Barangsiapa mengucapkan subhanalloh, maka baginya sepuluh kebaikan ,  Barangsiapa mengucapkan laa ilaaha illalloh, makabaginya ditulis dua puluh kebaikan, dan  Barangsiapa mengucapkan Alhamdulillah , maka baginya ditulis tiga puluh kebaikan." (H.R Ibnu Asakir).

Hadits tersebut tidak bertentangan dengan hadits:
"Kalimat paling baik diucapkan olehku dan para nabi sebelumku adalah Laa ilaaha illalloh".
sebab tasbih dan tahmid adalah tahlil , bahkan dengan tambahan.
Imam Khatib berkata , " kata Alhamdulillah itu terdiri atas delapan huruf (arab), sementara pintu syurga juga berjumlah delapan. Barangsiapa mengucapkan Alhamdulillah, maka kedelapan pintu syurga itu pun terbuka."

Seorang hamba harus mengakui , bahwa dirinya lemah dalam memuji dan bersyukur kepada Alloh. Disamping itu, ia juga tidak akan mampu menghitung pujian dan syukurnya kepada Alloh.
Nabi Muhammad S.A.W bersabda :
" Aku tidak mampu menghitung pujian kepada-Mu, sebagaimana Engkau memuji diri-Mu sendiri."

Dalam sebuah riwayat Nabi Musa a.s bersabda:
" Ya Tuhanku, kapankah aku bisa menghaturkan pujian dan syukur kepada Mu? Sedangkan pujian dan syukur-ku adalah nikmat dari-mu juga? 
Maka Alloh berfirman kepada Nabi Musa a.s , "ketika kamu mengerti bahwa dirimu tidak mampu memuji-Ku , maka kamu benar-benar telah memuji-Ku."

Dalam suatu riwayat , Nabi Dawud a.s bersabda :
" Ya Tuhanku , tidak ada satu rahmat pun pada diri anak adam, kecuali diatas dan dibawah rambut itu ada nikmat, maka dengan apa anak Adam dapat mensykuri nikmat itu? Kemudian Alloh S.W.T berfirman kepadanya, 'Hai Dawud , sesungguhnya Aku telah memberi nikmat yang sangat banyak, namun Aku rela dengan pujian yang sedikit. dan sesungguhnya syukurmu atas nikmat itu adalah kamu mengerti dan mengakui bahwa nikmat-nikmat yang telah kamu terima itu dari Aku.'

Dalam riwayat lain, Nabi Dawud a.s berkata :

" Ya Tuhanku, bagaimana aku bisa bersykur kepada-Mu, sementara syukur itu juga merupakan nikmat dari-Mu kepadaku? Alloh S.W.T berfirman, 'Sekarang engkau telah bersyukur kepada-Ku hai Dawud."

Faedah :
Alhamdulillah adalah termasuk dzikir wajib , meskipun hanya dibaca sekali seumur hidup. Sebagian ulama me-nadzam-kan  zikir  sebagai berikut :
  • katakan : delapan dzikir hukumnya wajib diucapkan sekali seumur hidup, maka pahamilah maksudku.
  • laa ilaaha illalloh, Alhamdulillah , Basmalah, Subhanalloh, Allohu Akbar, dan Laa haula Walaa Quwwata Illa billahi.
  • Sholawat atas Muhammad, Nabi penunjuk jalan kebenaran, dan salam kepadanya , maka Anda memperoleh kebenaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar